Tindakan jika menemukan uang palsu

Harus apa Anda Jika Menemukan Uang Palsu?

Apa sih yang harus dilakukan jika menemukan uang yang diragukan keasliannya?

  1. Jangan Gunakan atau Edarkan. Jangan menggunakan atau mengedarkan kembali uang yang diragukan keasliannya tersebut.
  2. Laporkan ke Bank Terdekat. Segera bawa uang palsu ke bank terdekat untuk diperiksa lebih lanjut. Bank akan membantu memverifikasi keaslian uang tersebut.
  3. Serahkan ke Bank Indonesia (BI). Bank konvensional akan menyerahkan uang yang diragukan keasliannya tersebut ke Bank Indonesia untuk ditindaklanjuti. Anda juga bisa langsung melaporkan dan menyerahkan uang yang diragukan keasliannya ke kantor Bank Indonesia terdekat, BI-RCAC buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 15:00.
  4. Mengisi Formulir Berita Acara. Saat melaporkan uang pals uke bank atau Bank Indonesia anda akan diminta untuk mengisi formular berita acara penyerahan uang yang diragukan keasliannya. Formular ini berisi informasi mengenai identitas penemu uang, jumlah uang, dan kronologi penemuan uang yang diragukan keasliannya.
  5. Dapatkan bukti penyerahan. Setelah menyerahkan uang yang diragukan keasliannya, anda akan mendapatkan bukti  penyerahan dari bank atau bank Indonesia. Bukti ini sebagai tanda bahwa anda telah melaporkan dan menyerahkan uang palsu tersebut secara resm
  6. Proses penelitian. Bank Indonesia akan melakukan penelitian terhadap uang yang diragukan keasliannya yang dilaporkan. Jika hasil dari penelitian terbukti palsu, Bank Indonesia akan memproses sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  7. Ingat, hanya Bank Indonesia yang berwenang mengeluarkan hasil penelitian secara resmi, menyebutkan bahwa uang tersebut adalah palsu.